IMAGINE-JOHN LENNON LYRIC MEANING

IMAGINE (1971)




Sesuai dengan Judul Lagu tersebut "Imagine(Membayangkan)". Dimana pada saat itu John lenon berfikir bagaimana masa depan akan terjadi, membayangkan kejadian yang tidak masuk akal di masanya dan banyak membuat kontraversional diantara kritikus-kritikus. Hingga saat ini pun masi banyak orang-orang yang memperdebatkan maknanya. Seperti anti agama "And no religion too", sepintas tersirat seperti menyuruh untuk berperilaku atheis, adanya agama menjadi pemicu utama perselisihan. dan "Nothing to kill or die for" menyiratkan betapa berharganya nyawa, makna yang pluralisme. Begitupula dalam kalimat lain "No need for greed or hunger"."A brotherhood of man"."Imagine all the people"."Sharing all the world".And the world will be as one.


Lenon mengungkapkan keinginan untuk merubah dunia yang damai beserta pengandaiannya.

Ditilik dari hubungan antar katanya (grammatika) mengimplikasikan bahwa sebuah ‘kalimat bersyarat’ mengungkapkan: “bila suatu syarat / kondisi yang dituntut terpenuhi, maka suatu aktivitas / peristiwa akan terjadi, atau mungkin saja tak terealisasi bila syaratnya tak terpenuhi.”
Berikut pemaparan Arti Lirik
Bait 1
“Imagine if there is no heaven as it is the promised reward of virtues. It’s easy if you want to try do so, and imagine if there is no hell to wash away the whole sins that longs for us below. There’s only sky above us. It streches so widely. Imagine all the people living only for today.”
──► Bayangkanlah seandainya tak ada surga sebagai pahala yang dijanjikan bagi kebaikan. Mudah saja bila engkau mau mencoba membayangkannya, serta bayangkanlah seandainya tak ada neraka untuk penyucian keseluruhan dosa yang menanti kita di bawah. Hanya ada angkasa di atas kita. Angkasa yang terbentang begitu luasnya. Bayangkanlah semua orang hidupnya hanya untuk hari ini saja.”

Bait 2
“Imagine if there’s no countries, and it isn’hard to do.There’s nothing (nobody) to kill or die for the sake of nationalism. Imagine if there’s no religion too; it’s possible for you to see all the people living life in peace.”
──►Bayangkanlah senadainya tak ada negara, dan membayangkan hal ini bukanlah hal yang sulit. Tak seorang pun yang mesti dibunuh atau pun mati demi paham kebangsaannya. Bayangkanlah seandainya tak ada agama; mungkin saja engkau akan melihat semua orang hidup damai.”

Bait 3
“You may say I’m a dreamer, but I’m not the only one who’s dreamt of it. I hope someday you’ll join us to realize it and unite all the people in the world.”
──►Kau boleh mengatakan aku seorang pemimpi, tapi aku bukanlah satu-satunya yang memimpikan ini. Aku berharap kelak kau bergabung dengan kita untuk mewujudkannya dan menyatukan semua orang di dunia ini.

Bait 4 
“Imagine if there’s no possessions. I wonder if you can properly place yourself in society without showing off any possesions and social class of yours. Thus, there’s no need for greed to show, or there’s no need for hunger to feel. You can unify all the people in a brotherhood of man. Imagine all the people sharing all they have each others in the world!”
──►Bayangkanlah seandainya tak ada kepemilikan. Aku masih bertanya-tanya bilakah engkau mampu menempatkan dirimu dengan selayaknya di masyarakat tanpa menyombongkan kepemilikan dan kelas sosialmu. Dengan demikian, tak ada keserakahan yang mesti ditunjukkan, atau pun tak ada lagi kelaparan yang mesti dirasakan. Engkau bisa menyatukan semua orang (bangsa-bangsa) dalam (ikatan) persaudaraan sesama manusia. Bayangkanlah semua orang berbagi semua yang mereka miliki satu sama lain di dunia ini!”

Bait 5
“You may say I’m a dreamer, but I’m not the only one who’s dreamt of it. I hope someday you’ll join us to create the world where we’ll live as one.”
──►Kau boleh mengatakan aku seorang pemimpi, tapi aku bukanlah satu-satunya yang telah memimpikan ini. Aku berharap kelak kau bergabung dengan kita untuk menciptakan sebuah dunia dimana kita akan hidup sebagai ras manusia yang satu adanya.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »